Pencurian Data dari Streaming Musik Online

pencurian_data

Belakangan pencurian data menjadi hal yang paling sering diperbincangkan ketika kita ngobrol dengan teman, atau sekedar cari bahan obrolan buat gebetan. Banyak cara yang digunakan untuk melakukan pencurian data. Mulai dari email phising, copy data tanpa izin, dan juga melalui cara lainnya yang mungkin kalau saya sebutkan menjadi alternatif lain mencuri data.

Hal ini cukup menarik dibahas di era digital seperti saat ini. Dimana saat ini Google menjadi cara pertama memperoleh informasi. Karena banyak data yang ada dalam blog, forum, dan lain sebagainya yang kalau kita niatkan mencarinya niscaya akan terbantu oleh Google. Dan di era ini pula, data seperti tidak ada harganya lagi. Karena orang-orang bahkan dengan sengaja memberikan data diri berupa nomor handphone hingga status pekerjaan/jabatan mereka di laman sosial media. Ini yang mulai banyak dimanfaatkan oleh orang banyak.

Berkembangnya era digital di Indonesia mengubah kebiasaan masyarakat. Salah satu yang mulai terasa adalah kebiasaan download musik menjadi streaming musik melalui portal ataupun aplikasi penyedia musik di Internet. Spotify salah satu penyedia layanan musik online dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di dunia. Pecinta musik, ataupun digital enthusiast tidak akan asing dengan Spotify. Di Spotify, kita bisa menikmati musik melalui playlist yang sudah dibuat ataupun yang ingin kita buat. Tentunya dengan selera musik yang kita suka.

IndieNesia menjadi salah satu playlist yang memiliki banyak pengikut. Tentunya para pengikut tersebut datang dari pecinta musik indie, ataupun yang sedang menikmati alunan musik indie yang kini kian bervariasi. Pada playlist IndieNesia, kita bisa menemukan beberapa musisi/band indie yang kini sedang naik daun. Salah satunya adalah Semenjana. Dengan hitsnya Bandara Tebesar di Tokyo. Lalu, kaitannya dengan pencurian data dari lagu ini apa?

Sebelumnya, silahkan cek album Kalimatera yang baru saja di release oleh Semenjana. Disitu, ada salah satu lagu dengan judul “Fordata“. Cukup mencurigakan judul lagu yang satu ini. Kecurigaan bermula ketika penggunaan kata “data” digunakan sebagai judul lagu. Bisa jadi, ada data kita yg mungkin akan tersebar atau dicuri ketika kita mendengarkan lagu ini. Untuk mengujinya, saya mencoba mendengarkan dengan mengunduh lagu tersebut melalui Spotify, dan kemudian mematikan data pada ponsel. Maklum, Spotify Premium jadi bisa mendengarkan lagu tanpa harus streaming. Dan ini “halal”. Jadi tidak perlu khawatir.

Ketika mendengarkan Fordata, kita seperti dihipnotis untuk masuk ke suasana pantai yang tenang. Ketakutan berikutnya pun muncul. Bisa jadi ini dalah cara mereka mulai merilekskan kita untuk mendengarkan lagu ini. Dan kemudian tanpa kita sadari, kita mengirim data ke alamat tertentu atau nomor tertentu. Fokus. Ya, saya mulai fokus dengan lagu tanpa lirik ini. Terlalu menenangkan. Tapi saya tetap waspada!

Namun hingga akhir lagu ini, saya tidak merasa ada data yang dicuri. Dan ketakutan akan hipnotis dari musik ini ternyata tidak terjadi. Mungkin ini hanya ketakutan saya semata. Terlalu takut merasa kehilangan, yang sebenarnya juga belum dimiliki. Apalah. Pada akhirnya saya menyadari bahwa cerita pencurian data ini hanyalah sebuah ke-halu-an semata dan bukan sebuah hal yang nyata. Tapi saya tetap menikmati musiknya.

Ya, Fordata saya juga tidak mengerti apa artinya. Namun kalau kita sempat mencari melalui Google, kita akan menemukan bahwa ini adalah nama sebuah pulau di Maluku sana. Mungkin karena itu pula, nuansa pantai sangat terasa di lagu ini. Tenang dan menenangkan. Kalau sudah terlanjur mendengarkan lagu ini coba kembali lagi ke Jakarta supaya semua hal bisa kita enakin aja seperti orang-orang di Jakarta. Dan akhirnya saya mengakui kalau artikel dengan judul ini hanyalah upaya click bait untuk mendapatkan visitor :D.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s